26 June 2008

Menikah


Mendengar kata menikah mungkin bagi sebagian orang bikin keder, keki bahkan frustrasi. Menurut sebuah hadist riwayat Baihaqi (kalau saya ga salah), “Apabila seorang hamba telah menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya..Oleh karena itu maka hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dalam separuh yang lain..” Wuih..bukan bermaksud mau ceramah lho..

Saat 27 April 2008 lalu kakak saya menikah, banyak sekali yang bertanya, “Kapan nyusul..? Saya cuma bisa senyum aja.. Usia saya masih jauh dari ambang batas kekhawatiran seorang perempuan. Kerjaan saya juga belum jelas.. Tabungan berdua juga belum cukup.. Masih butuh waktu buat ngumpulin rejeki dulu.. Yang pasti, saya sendiri juga ga tau kapan Tuhan menentukan saat yang tepat untuk saya menikah.. Tapi kayaknya sih mereka tanya cuman buat basa-basi aja..Hehe..

Memang udah banyak teman sebaya yang udah menikah, bahkan ada yang udah punya anak 3. Wah, secara ilmu balap, udah keduluan berapa lap tuh? Hehehe.. Kemarin juga barusan ada beberapa temen yang nikah. Yah, memang terinspirasi dari pernikahan teman-teman sayalah tulisan ini. Terus terang saya dan pacar saya masih mempersiapkan mental. Saya pribadi masih membutuhkan waktu untuk lebih matang dalam mengelola konflik yang kadang terjadi antar dua kepribadian saya dan dia yang sangat berbeda dan meningkatkan saling pengertian di antara kami. Karena selain materi, keberlangsungan rumah tangga amat sangat membutuhkan hal-hal semacam itu sebagai pondasi. Wuih sedap, dalem banget..

Saya masih ingat kata-kata GKR Hemas yang berbunyi: “Jangan berani-berani menikah kalau kita belum bisa menjadi air di saat pasangan kita menjadi api dan begitu pula sebaliknya..” Bener juga ya.. Kalau yang satu lagi marah yang satu lagi malah ikutan kepancing marah, yaaa berabe.. yang mendinginkan siapa? Mungkin bisa mandi air dingin bareng untuk mendinginkan hati…? dijamin pasti gak jadi marah.. Hahaha, kumat ngeresnya ni…Nggak gitu juga ding, tergantung masalahnya juga. Sebenarnya semua masalah bisa diselesaikan kan ya..? Tapi itu tergantung dari niat dan kemauan keduanya. Bukankah ada pepatah dimana ada niat disitu ada jalan..? Dikembaliin aja ke komitmen awal saat akad nikah aja. Bahwa perjanjian sehidup semati itu pertanggungjawabannya juga kepada Tuhan. Membuat pasangan bahagia, ataupun menyakitinya, dalam skala kecil maupun besar, kita pasti juga akan mendapat balasan baik yang langsung/tidak langsung dari Tuhan.

Manusia hanya bisa berencana, sedangkan yang menentukan adalah Sang Maha Pemberi Hidup. Mo bilang secepatnya, mo bilang tahun depan, mo bilang ga pengen nikah juga bisa. Tetapi kita lupa bahwa Tuhan sudah menuliskan takdirNya, kapan kita lahir, kapan kita menikah dan kapan kita mati..

Mempersiapkan diri, lahir-batin, slalu berdo’a, sampai saatnya nanti tiba..

We’ll see..


(Foto: Saat kakakku diundhuh mantu di tempat asal suaminya Lombok Timur NTB, 10 Mei 2008)


5 comments:

Anonymous said...

Menikah tak selalu berarti CINTA loh (maksudnya apa yak..?) he he he

MBAH IM said...

Eh...sori kalo salah. Yang jadi pengantin ni mba Yayuk yang dulu sekolah di Casello Wates n sosiologi UNS bukan ya ? Putranya Bpk Kisworo....??

Dony Alfan said...

Lha py? Jangan2 cowok sampeyan itu masih takut berkomitmen, haha
Nek ra gelem diajak nikah, disurung ae :D

espito said...

kapan kamu nyusul non???

Anonymous said...

wah..postingannya sama ya sama si Joell...udah pada kebelet y?hehehe..

 
blog design by suckmylolly.com

Template Modified and Brought to you by : AllBlogTools.com blogger templates