26 February 2009

Bagaimana Dengan Para Lelaki?


Sering sekali saya mendengar orang-orang memperbincangkan tentang penampilan seorang perempuan setelah dia menikah. Banyak juga para suami yang mengeluh tentang menurunnya kualitas penampilan luar isterinya setelah mereka menikah (baik baru menikah maupun yang sudah cukup lama).

Cuman pake daster, rambut dikuncir asal, ga pernah dandan, ga wangi, pokoke kucel… Btw, memang mudah kita menilai sepintas mengenai penampilan perempuan bersuami yang sepintas memang kurang sedap dipandang suami. Tetapi kita tidak bisa dengan serta-merta menjustifikasi bahwa dia gak mau “nyenengin suami”. Tunggu dulu, sebelum kita berkesimpulan seperti itu, kita perlu mengetahui apa alasan sang isteri kurang memperhatikan penampilannya. Meskipun saya belum menjadi seorang isteri, tetapi berdasarkan riset sederhana, menurut saya ada beberapa faktor yang mungkin menjadi sebab, beberapa diantaranya:

  1. Mereka tidak memiliki pembantu rumah tangga, jadi semua pekerjaan rumah dia kerjakan sendiri, walhasil dari segi waktu dia tidak mempunyai cukup waktu untuk merawat diri dan memperhatikan penampilannya.

  2. Penampilan fisik tidak diprioritaskan (tidak terlalu penting) oleh sang isteri.

  3. Penghasilan rumah tangga yang pas-pasan, hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan primer dan biaya operasional rumah tangga sehingga tidak ada alokasi dana untuk anggaran perawatan dan fashion, mending juga ditabung.

  4. Sang suami yang tidak pernah secara terbuka dan dengan penuh kelembutan memberikan input kepada sang isteri mengenai penampilannya di rumah.

  5. Sang suami juga tidak memperhatikan penampilannya sendiri, misal bau mulut, gigi menguning karena rokoknya, tidak menjaga kebersihan diri, minyak wangi yang dulu sering tercium di saat ngapel tidak lagi tercium sang isteri kini. Bisa jadi, hal ini yang juga mempengaruhi sang isteri untuk juga turut cuek dengan penampilannya.

  6. Suami jarang bahkan tidak pernah sama sekali mengapresiasi penampilan dan performa sang isteri dalam hal apapun, sehingga tidak ada motivasi dari luar yang bisa menggerakkan sang isteri untuk lebih peduli akan dirinya sendiri.

  7. dll (saya yakin kawan-kawan bisa menambahkan sendiri).

Sedikit terkesan ada bias gender di sini. Tetapi sebagai seorang perempuan, saya hanya bisa bersuara untuk sedikit menguraikan permasalahan yang tampak sepele tapi sebenarnya juga sangat penting bagi keharmonisan sebuah rumah tangga ini. Memang kualitas dan performa seorang perempuan yang dalam konteks ini seorang isteri, tidak hanya dilihat dari penampilan fisik atau outlooknya saja. Tetapi karena seorang suami yang notabene adalah seorang lelaki selain juga bisa terpikat oleh personality dan inner beauty dari isterinya, stimulus visual juga tidak bisa diremehkan karena justru hal ini yang memberi kesan pertama bagi seorang suami (lelaki).

Sebagai refleksi dari kesetaraan gender, saya ingin mengetengahkan bahwa, yang perlu menjaga penampilan, baik fisik (outlook) maupun inner beauty tidak hanya untuk para isteri saja. Para suami juga memiliki kewajiban yang sama dalam hal ini, menurut saya. Tidak hanya isteri yang harus “menyenangkan suami”, tetapi suami juga harus “menyenangkan isteri”.

Siipp kan?”

(Foto narsis, berdaster, di rumah)

15 comments:

Kristina Dian Safitry said...

iya sih emang nampak sepele.tapi khan ga bisa disepelekan,he..he..

Andri Journal said...

Njul..Panjul..Ndang dipotong rambutmu..Hahaha..

Anang said...

oot: nice to meet u kemaren dee....

MBAH IM said...

Hehe...saya setuju itu setiap pasangan harus saling “menyenangkan”. Btw, biasanya seorang fotografer itu memiliki tingkat kepekaan yang tinggi terhadap objek yang dibidiknya. Maka pandai-pandailah engkau menjaga inner dan outlook beautymu agar suamimu kelak tidak berpaling ke pelukan lain. Just kidding lho :D

Andy MSE said...

bagi saya yang penting menjaga kebersihan.
soal penampilan, pakaian dan wewangian ndak masalah..
lha wong paling asyik itu kalau sedang sama-sama ndak berpakaian kok! *dan ndak musti semua bagian itu wangi lho* :-D

deFranco said...

Bwahahahaha..Kang Andy komene ra urus.. coba nek diwoco cah cilik piye Jal???

Btw i love the way u are...hehehehe

Anonymous said...

@ Anang: Nice to meet u too.. :)
@ KDS: Yup.. Tull jeng..

@ Andri Journal: Hahaha, gondrong juga ngganteng koq..

@ Mbah Im: Yo'i mas.. Aq bakal bikin suamiku jatuh cinta tiap hari.. Hahaha...

@ Andy MSE: Hahaha.. selain wangi, saya juga suka feromone laki-laki.. Jadi saya sepakat, yg penting rapi dan bersih... :)

@ Tukang Nggunem: Thanks babe.. So do I.. hehehe..

meong said...

gapapa tu.. toh dua-duanya dah laku

Anonymous said...

yaahhh...ujung2nya koq minta suami ngertiin istri juga. kan suami udah berjuang mendapatkan istri. jadi sekarang saatnya gantian ha ha ha...

(baca = kaum laki sedang protes :D)

Upiakbanun said...

kehidupan itu keras..
jadi kalo udah berkeluarga, apalagi sudah punya anak...
gak sempet deh mikirin yg kayak gitu..

yang kepikir dan dijalani adalah rutinitas ngurusi mulai dari anak pertama yang mau berangkat sekolah, antar anak kedua..

masak apa hari ini,
PLN dan Telkom apa udah dibayar..
arisan RT..

Jemput anak kedua sekolah , antar les anak pertama..
nengokin kakak ipar yang sakit, mampir kerumah mertua just to say hello..(agar dianggap sebagai mantu yang baik),..

bantu anak bikin PR, dengar keluhan Suami yang dimarahin atasan...

tips belajar seo blog tutorial said...

tak ada yang berbeda .. semuanya sama

compensation calculator said...

I just want you to know that you really made a nice review about this particular topic. Your post really contains an informational message that gave me a lot of knowledge about this specific matter.

compensation calculator said...

I think you’ve made some truly interesting points. Not too many people would actually think about this the way you just did. I am really impressed that there is so much information about this subject that have been uncovered and you did it so well, with so much class.Thanks.

Utah Internet Marketing said...

In regular, the usefulness and importance is overpowering. Actually a lot thank you however once more and excellent luck and preserve up the great operate!
Utah Internet Marketing

Salt Lake City Bankruptcy Lawyer said...

Intimately, the article is really the most effective on that worthwhile concept. I in form in using your conclusions and surely will eagerly seem forward for your subsequent updates. Just stating numerous many thanks are not able to basically be sufficient, for your fantastic clarity within your composing.

 
blog design by suckmylolly.com

Template Modified and Brought to you by : AllBlogTools.com blogger templates